Orang-orang Ini Rajin Mengerjakan Sholat, Tapi Mendapat Murka Allah, Rupanya Inilah Sebabnya..

Rasulullah saw bersabda: islam dibangun di atas 5 hal – hal; bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali allah dan juga pula nabi muhammad menggambarkan utusan allh, menegakkan shalat. (hr bukhri dan juga pula muslim).

 
seorang muslim tentu sudah paham betul bahwa sholat menggambarkan tiang dari dien ini. oleh karna itu, ketika muadzin mengumandangkan adzan, golongan muslimin berbondong – bondong mendatangi rumah – rumah allah taala, mengambil air wudhu, sehabis itu berbaris apik di balik imam shalat mereka.
mulailah golongan muslimin tenggelam dalam dialog dengan allah taala dan juga pula begitu khusyu menikmati shalat sampai imam mengucapkan salam. dan juga pula sehabis usai, masing – masing – masing – masing kembali pada aktifitasnya.
imam hasan Al – bashri rahimahullh pernah mengatakan: wahai, anak manusia. shalat menggambarkan permasalahan yang sanggup menghalangimu dari maksiat dan juga pula kemungkaran. apabila shalat tidak menghalangimu dari kemaksiatan dan juga pula kemungkaran, sampai hakikatnya engkau belum shalat.
dalam kesempatan lain, rasulullah saw pula bersabda: barang siapa yang memelihara sholat, sampai sholat itu seperti cahaya baginya, petunjuk dan juga pula jalan selamat dan juga pula barangsiapa yang tidak memelihara sholat, sampai sesungguhnya sholat itu tidak jadi cahaya, dan juga pula tidak pula jadi petunjuk dan juga pula jalan selamat baginya. (tabyinul mahaarim).
sehabis itu rasulullah saw pula bersabda bahwa: 10 orang sholatnya tidak diterima oleh allah swt, di antara lain:
  • lelaki yang sholat sendirian tanpa membaca sesuatu
  • lelaki yang mengerjakan sholat tetapi tidak keluarkan zakat
  • lelaki yang jadi imam, sedangkan itu orang yang jadi makmum membencinya
  • lelaki yang melarikan diri
  • lelaki yang minum arak tanpa mau meninggalkannya (taubat)
  • perempuan yang suaminya marah kepadanya
  • perempuan yang mengerjakan sholat tanpa menggunakan tudung
  • imam maupun pemimpin yang sombong dan juga pula zalim menganiaya
  • orang – orang yang suka makan riba
  • orang yang sholatnya tidak sanggup menahannya dari melakukan perbuatan yang keji dan juga pula munkar
sabda rasulullah saw, barang siapa yang sholatnya itu tidak sanggup menahannya dari melakukan perbuatan keji dan juga pula mungkar, sampai sesungguhnya sholatnya itu hanya tingkatkan kemurkaan allah swt dan juga pula jauh dari allah.
imam hassan r. a berkata : kalau sholat kamu itu tidak sanggup menahan kamu dari melakukan perbuatan mungkar dan juga pula keji, sampai sesungguhnya kamu dikira orang yang tidak mengerjakan sholat. dan juga pula pada hari kiamat nanti sholatmu itu bakal dilemparkan semula ke arah mukamu seragam satu bungkusan kain tebal yang kurang baik.
subhanallah… gampang – mudahan kita segala leluasa dari segala amal ibadah dan juga pula perbuatan yang tidak diridhai oleh allah swt. amiin amiin ya rabbal alamiin.
masya allah.. inilah doa yang dianjurkan nabi buat menolak bencana yang tiba secara seketika..
doa penolak musibah yang diajarkan rasulullah saw di dasar ini dapat jadi sudah banyak yang tahu, namun saya kira lebih afdhal apabila tahu doanya sekaligus riwayat dan juga pula matan haditsnya hingga – hingga paham betul bahwa doa penolak musibah secara datang – datang ini benar betul – betul diajarkan oleh rasulullah saw.
suatu ketika putera sahabat utsman bin affan radhiyallahu ’anhu yang bernama aban bin ustman meriwayatkan sesuatu hadits nabi muhammad shollallahu ’alaih wa sallam yang di dalamnya terdapat doa buat memohon perlindungan allah ta’ala biar tidak tertimpa musibah yang datang secara mendadak. doa tersebut berbunyi seperti berikut:
بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
‘bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’as mihi syai’un fil ardli wala fis samaa’wahuwas samii’ul ‘aliim’ (dengan nama allah, dengan nama – nya tidak bakal berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan juga pula dia maha mendengar lagi maha mengidentifikasi)
sahabatku, nabi muhammad shallallahu ’alaih wa sallam menganjurkan pada umatnya biar doa tersebut dibaca sebanyak 3 kali di waktu pagi dan juga pula 3 kali di waktu sore.
barangsiapa membacanya dengan istiqamah seragam itu, nabi menjanjikan bahwa orang itu tidak bakal terkena musibah yang datang secara mendadak sejauh 24 jam apabila dibaca 3 kali di pagi dan juga pula sore hari. lengkap haditsnya berbunyi seperti berikut:
عن أبان بن عثمان عن عثمان بن عفان رضي الله عنه قال : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ قَالَ : بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لَمْ تُصِبْهُ فَجْأَةُ بَلَاءٍ حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ ثَلَاثُ مَرَّاتٍ لَمْ تُصِبْهُ فَجْأَةُ بَلَاءٍ حَتَّى يُمْسِيَ
dari aban bin utsman dari utsman bin affan, dia berkata, aku telah mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“barangsiapa membaca ‘بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ’ (dengan nama allah, dengan nama – nya tidak bakal berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan juga pula dia maha mendengar lagi maha mengidentifikasi) sebanyak 3 kali, sampai tidak bakal ditimpa musibah mengejutkan hingga pagi hari, dan juga pula barangsiapa membacanya di waktu pagi sampai tidak bakal ditimpa musibah mengejutkan hingga sore hari. ” (hr. tirmidzi)
nyatanya tidak ada seorang pula di dunia ini yang ingin pribadinya tertimpa musibah. terlebih musibah yang datang secara datang – datang. oleh karenanya doa ini jadi sangat relevan dan juga pula berarti buat kehidupan kita.
sampai sudah semestinya kita seperti umat islam, tetap melakukan nasihat mulia nabi kita, muhammad shollallahu ’alaih wa sallam ini. karna dengan mengamalkannya berarti kita telah turut dan juga menegakkan salah satu dari sunnah nabi shallallahu ’alaih wa sallam yang banyak ditinggalkan oleh golongan muslimin berumur ini.
ada hal – hal unik dalam hadits ini, karna sehabis diteliti, tampaknya hadits ini pula dikuatkan oleh hadits yang lain. begini letak keunikannya,
suatu ketika aban bin ustman seseorang diri pernah terkena suatu musibah datang – datang dalam ekspedisi hidupnya. hingga – hingga ketika ia dikunjungi oleh muslim yang lain mereka terheran – heran mengapa ia sampai mampu hadapi musibah datang – datang sedangkan itu ia seseorang diri yang meriwayatkan hadits tentang doa menolak musibah datang – datang. sampai aban bin ustman dengan jujur mengakui bahwa pada hari itu ia telah terlupa buat membaca doa tersebut.
aban bin utsman berkata: aku mendengar utsman – artinya utsman bin affan – berkata, “aku mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “barangsiapa mengucapkan: بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ sebanyak 3 kali, sampai ia tidak bakal tertimpa musibah yang datang dengan mendadak hingga pagi hari. dan juga pula barangsiapa membacanya pada pagi hari sebanyak 3 kali, sampai ia tidak bakal tertimpa musibah yang datang dengan mendadak hingga sore hari. ”
perawi berkata, “kemudian aban tertimpa penyakit lumpuh, hingga orang yang mendengar hadits darinya memandang kepadanya (aban) , sampai aban pula berkata, “kenapa kamu memandang aku? demi allah, aku tidak berbohong atas nama utsman, dan juga pula utsman tidak berbohong atas nama nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. tetapi pada hari ketika aku tertimpa penyakit ini, aku lagi marah hingga aku kurang ingat membacanya” (hr. abu dawud)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel