Bolehkah Kita Bersedekah Atas Nama Ibu Atau Bapak yang Telah Wafat?

Salah satu ladang amal seseorang anak adalah orang tua. Banyak sekali pahala yang mampu kita dapatkan berdasarkan amalan yg kita lakukan pada orang tua.



Misalnya, membahagiakan orang tua dengan menaruh hibah, mencium tangan saat akan  berangkat sekolah atau bekerja, mengembangkan teh atau kopi kesukaannya, memijit kakinya yg pegal, bahkan hanya menanyakan liputan lewat sms pada orang tua saja mampu jadi kita menerima pahala.

Meskipun tampaknya sepele, namun tentu sangat besar  kedudukannya disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ketika orang tua kita mangkat , otomatis kita tidak sanggup melakukan amalan misalnya tadi. Kita hanya bisa mendo’a kan & berharap bisa bertemu pulang pada syurga.

Tidak dapat dipungkiri, kebanyakan insan baru menyadari peranan dan usaha orang tua terhadap kita ketika orang tua telah tiada. Sehingga hanya penyesalan yg memenuhi dada.

Banyak sekali insan, yang menyesal nir bisa membalas jasa-jasa orang tuanya. Termasuk galat satunya merupakan keinginan buat bersedekah atas nama orang tua.

Tetapi, bisakah kita bersedekah atas nama orang tua yang telah tiada? Apakah pahalanya akan mengalir pada orang tua pada alam sana?

Ada beberapa hadist yang sanggup menyebutkan pertanyaan-pertanyaan tadi. Seorang pria mengatakan pada Nabi Shalallahu alayhi wasallam,

“Sesungguhnya ibuku mangkat  global secara mendadak. Saya menduga, jika dia sanggup bicara, beliau akan bersedekah. Apakah ia bisa menerima pahala apabila aku  bersedekah untuknya?” Beliau menjawab “Ya.” (HR. Bukhari)

Ibnu Abbas memberitakan pada kami bahwa Sa’ad bin Ubadah R.A. Sedang nir terdapat di tempat waktu ibunya mati. Ia menyampaikan,

“Ya Rasulullah, sesungguhnya ibuku wafat, sedang aku  nir pada sana. Apakah sesuatu bermanfaat untuknya, apabila kusedekahkan untuknya?” Beliau menjawab, “Ya.” Ia mengungkapkan, “Sesungguhnya saya persaksikan kepadamu bahwa kebunku Al Mikhraf sebagai sedekah buat ibuku.” (HR. Bukhari)

Seseorang menyampaikan kepada Nabi, “Sesungguhnya ayahku mangkat  dunia & tidak berwasiat, apakah sedekahku bisa menebus (kesalahan)nya? Beliau menjawab, ‘Ya’.” (HR. Muslim)

Hadist diatas rupanya mampu menjelaskan kepada kita bahwa, pahala berdasarkan bersedekah atas nama bunda dan bapak yg telah meninggal bisa mengalir dalam mereka. Allah berfirman:
وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (supaya berbuat baik) kepada kedua orang tuanya …” (QS. Luqman:14)

Keterangan ayat diatas telah sangat kentara menandakan bahwa amalan berbakti & membahagiakan orang tua sangatlah disukai sang Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jadi jangan ragu buat melakukan sedekah yang diatas nama kan orang tua yang sudah meninggal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel