Batu ini membentuk kalimah Muhammad.. Berapa like foto ini? yg like Dan komen Subhanallah semoga rezekinya melimpah aamiin #like dan share..

Makna Kebenaran (Al-Haq)

Secara etimologi menurut Lafadz "hak" mempunyai beberapa arti : Pertama, Ketetapan dan kepastian, sebagaimana disebutkan pada QS Yaasin ayat 7 :

لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَى أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ











Sesungguhnya telah niscaya berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, lantaran mereka tidak beriman.

Kedua, Menetapkan, mnjelaskan  & Kebenaran (Islam) sebagaimana pada QS  Al-Anfal ayat 8 :

لِيُحِقَّ الْحَقَّ وَيُبْطِلَ الْبَاطِلَ وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُونَ

…supaya Allah memutuskan yg hak (Islam) & membatalkan yg batil (syirik) walaupun orang-orang yang berdosa (musyrik) itu tidak menyukainya.

Ketiga, Kewajiban, yaitu terdapat dalam QS  Al-Baqarah ayat 241 :

وَلِلْمُطَلَّقَاتِ مَتَاعٌ بِالْمَعْرُوفِ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِينَ

Kepada wanita-wanita yg diceraikan (hendaklah diberikan sang suaminya) mut`ah dari yg ma`ruf, sebagai suatu kewajiban bagi orang-orang yg takwa.

Kempat, Kebenaran yaitu versus menurut batil, seperti dalam QS Yunus ayat 35 :


قُلْ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَهْدِي إِلَى الْحَقِّ قُلِ اللَّهُ يَهْدِي لِلْحَقِّ أَفَمَنْ يَهْدِي إِلَى الْحَقِّ أَحَقُّ أَنْ يُتَّبَعَ أَمَّنْ لَا يَهِدِّي إِلَّا أَنْ يُهْدَى فَمَا لَكُمْ كَيْفَ تَحْكُمُونَ

Katakanlah: "Apakah pada antara sekutu-sekutumu ada yg menunjuki pada kebenaran?" Katakanlah: "Allah-lah yang menunjuki--- pada kebenaran". Maka apakah orang-orang yang menunjuki pada kebenaran itu lebih berhak diikuti ataukah orang yang nir bisa memberi petunjuk kecuali (apabila) diberi petunjuk? Mengapa engkau  (berbuat demikian)? Bagaimanakah kamu mengambil keputusan ?

Kelima, Bagian eksklusif, misalnya disebutkan pada QS Al-Ma'arij ayat 24-25 :

وَالَّذِينَ فِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ مَعْلُومٌ(24)لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ(25)

…dan orang-orang yang pada hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta & orang yg nir mempunyai apa-apa (yang nir mau meminta).

Dalam Lisan Al-Arab disebutkan bahwa makna "al-haq" bermakna ketetapan, kewajiban, yakin, yg patut & yg sahih. Sementara pada Mu'jam Al-Wasith disebutkan bahwa makna "al-haq" bermakna sesuatu yg benar & tetap.[2] Wahbah Al-Zuhaili mengungkapkan bahwa makna berdasarkan "al-haq"  secara bahasa berkisar antara ketetapan, kewajiban & bagian eksklusif. Sementara Al-Jarjany mendefiniskan hak dengan الثابت الذي لا


يسوغ إنكاره  "Kepastian yg tidak diragukan lagi".

Kesimpulannya merupakan bahwa lafadz "hak" secara bahasa memiliki beberapa makna, yaitu : kepastian, kebenaran (versus

menurut batil), bagian eksklusif dan ketetapan atas sesuatu. Adapun secara kata "hak" merupakan "Keistimewaan yang ditetapkan oleh syariat berupa kekuasaan atas sesuatu", dalam pengertian yang lain yaitu "Beban syariat yang dikenakan kepada seorang". Ada dua pengertian hak yang disebutkan sang para ulama, yaitu hak yg berarti kekuasaan yang dimiliki oleh seorang dan hak yg berarti al-hukmu yaitu Khitab(hukum-hukum) Allah yang berkaitan dengan amalan-amalan hamba yg berupa tuntutan, pilihan dan wadh'i.





Standar Kebenaran

Sebagaimana makna Al-Haq yaitu kebenaran, maka harus ada rumusan yg niscaya mengenai apa itu kebenaran dan apa ukuran. Mari kita menelaah galat satu firmanNya :

 

Kebenaran itu merupakan menurut Tuhanmu, karena itu jangan sekali-kali engkau  termasuk orang-orang yg ragu. QS Al-Baqarah : 147






Dan katakanlah: " Kebenaran itu data---ngnya berdasarkan Tuhanmu; maka barangsiapa yg ingin (beriman) hendaklah dia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah dia kafir. QS Al-Kahfi : 29


Sesungguhnya sudah tiba kebenaran kepadamu menurut Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu. QS Yunus : 94



Dan sesungguhnya Al Quran itu sahih-benar kebenaran yang diyakini. QS Al-Haaqah : 51


(Kuasa Allah) yg demikian itu, merupakan karena sesungguhnya Allah, Dialah (Tuhan) Yang Haq & sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain berdasarkan Allah, itulah yang batil, & sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. QS Al-Hajj : 62.




Sesungguhnya mereka sudah mendustakan yang haq (Al-Quran) tatkala hingga kepada mereka, maka kelak akan sampai kepada mereka (kenyataan berdasarkan) liputan-kabar yg selalu mereka perolok-olokkan. QS Al-An'am : 5.


Sesungguhnya Kami benar-benar telah memhawa kebenaran pada engkau  namun kebanyakan di antara kamu benci dalam kebenaran itu. QS Az-Zukhruf : 78


Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku mewahyukan kebenaran. Dia Maha Mengetahui segala yg ghaib." QS. Saba' : 48


Tetapi mengap----a mereka (orang kafir) berkata: "Dia Muhammad mengada-adakannya." Sebenarnya Al-Quran itu merupakan kebenaran berdasarkan Rabbmu, agar engkau  memberi peringatan pada kaum yang belum tiba kepada mereka orang yang memberi peringatan sebelum engkau ; mudah-mudahan mereka mendapat petunjuk. QS As-Sajdah : tiga.


Andaikata kebenaran itu menuruti ----hawa nafsu mereka, niscaya binasalah langit dan bumi ini, dan semua yg terdapat pada dalamnya. Sebenarnya Kami telah mendatangkan kepada mereka pujian (Al Quran) mereka tetapi mereka berpaling dari pujian itu. QS Al-Mukminun : 71a

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel